PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTA KENDARI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • I Wayan Suama Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Suriana Gende Ede Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Ode Muhammad Andas

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.10

Keywords:

Pandemi Covid-19, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Online

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis-jenis strategi pembelajaran biologi yang diterapkan di SMA Negeri se-Kota Kendari pada masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Kendari yang tersebar dalam 11 sekolah. Sampel pada penelitian yaitu guru di tiap SMA Negeri dengan kriteria yang telah ditentukan, guru biologi yang melakukan kegiatan pembelajaran di Sekolah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan analisis kualitatif dalam teknik pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur, kuesioner, observasi, dokumentasi dan kuantitatif yaitu penyajian data dalam bentuk diagram batang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif, agar memberikan gambaran tentang pelaksanaan strategi pembelajaran yang berada di SMA Negeri se-Kota Kendari, Selanjutnya hasil tersebut dibahas sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi Covid-19, sekolah-sekolah se-Kota Kendari menggunakan strategi pembelajaran secara daring (dalam jaringan).Proses pembelajaran secara daring, pelaksanaan daring dibantu dengan media pembelajaran berupa aplikasi WhatsApp,Microsoft Teams, Youtube, Google Classroom, Zoom dan Google Meet. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang digunakan di SMA se-Kota Kendari pada masa pandemi Covid-19 menggunakan strategi pembelajaran daring dan media pembelajaran yang  digunakan guru paling banyak adalah aplikasi WhatsApp dan Microsoft Teams.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Mustafa, S. (2020). Belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh di SMA.

Marwa, M., Munirah, M., Angriani, A. D., Suharti, S., Sriyanti, A., & Rosdiana, R. (2020). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV pada masa pandemi covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215-227.

Noermanzah, N., & Maisarah, I. (2019). Pemilihan Strategi Pembelajaran Bahasa yang Efektif dan Tepat pada Pendidikan Dasar sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 199-210).

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59.

Renat, S. E., Novriyanti, E., & Armen, A. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation, 1(1), 95-108.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model pembelajaran menyongsong new era normal pada lembaga PAUD di Riau. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 205-212.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Suama, I. W., Gende Ede, S. ., & Andas, L. O. M. . (2023). PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTA KENDARI PADA MASA PANDEMI COVID-19 . AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(1), 34–45. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.10