HUBUNGAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA

Authors

  • I Wayan Suama Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Suriana Gende Ede Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Asriana Erpa Rahmah Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.24

Keywords:

Ex-Post Facto, Hasil Belajar, Sikap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel sikap siswa dalam pembelajaran dengan hasil belajar biologi kelas XI di SMAN 1 Uepai Kabupaten Konawe Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, dengan jumlah siswa 46 orang dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 22 orang dan perempuan sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert yang digunakan untuk memperoleh data sikap. Dokumentasi, digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar biologi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan inferensial, menggunakan uji korelasi Pearson dengan bantuan program spss 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi = 0,109 lebih besar dari pada tingkat taraf signifikansi α = 0,05 atau 0,109 > 0,05, dengan demikian H1 ditolak dengan kata lain H0 diterima artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan hasil belajar siswa atau responden dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Azis, P. A. (2016). Hubungan minat, motivasi belajar dan sikap dengan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 13 makassar. Journal of EST, 2(3), 144-151.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi ke II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, Mudjiono. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan, F., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Mimbar Ilmu, 26(1), 45-51.

Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algensindo.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192-201.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Pathoni, H. (2019). Analisis korelasi sikap siswa dan disiplin siswa terhadap IPA pada Siswa SMP Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59-71.

Mustain, M. N., Hirza, B., & Siroj, R. A. (2021). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi:(Analysis Correlation of Scientific Attitude and Biological Learning Outcomes). BIODIK, 7(4), 115-126.

Nursa'adah, F. P. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Uyuniyyah, L, Q. (2016). Korelasi Antara Sikap Pada Mata Pelajaran Biologi Dan Kecerdasan Emosional (Eq) Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Sman 08 Semarang. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Wulandari, M., & Febriana, N. Y. (2020). Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 122-128.

Yesiana, P. F., Gading, I. K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3).

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Suama, I. W., Gende Ede, S. ., & Rahmah, A. E. . (2023). HUBUNGAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(2), 112–118. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.24