PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI ANIMALIA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 8 KENDARI

Authors

  • Muh. Sirih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Murni Sabilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Revo Selfi Permatasari Sudirman Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.34

Keywords:

Media Flash Card, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Materi Animalia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flash Card terhadap hasil belajar kognitif siswa materi Animalia kelas X IPA di SMA Negeri 8 Kendari. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yaitu metode untuk menguji pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Pada penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan teknik pertimbangan dengan melihat rerata nilai Biologi siswa yang memiliki nilai rerata sama atau hampir sama dan tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis N-Gain, diperoleh informasi bahwa media Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa materi Animalia kelas X IPA di SMA Negeri 8 Kendari, dimana hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 1,87 dan ttabel = 1,68 (thitung > ttabel) dengan kriteria pengujian α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa materi Animalia kelas X IPA di SMA Negeri 8 Kendari tahun ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajar, D. A. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 1-13.

Habiba, R., Haryanti, E. H. W., & Nurwahyunani, A. (2018, November). Pengaruh Pembelajaran Materi Sistem Regulasi Berbantu Media Flashcard Bermuatan Sustainability terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif di SMA. In SEMINAR NASIONAL SAINS & ENTREPRENEURSHIP V 2018.

Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10-18.

Mulyani, S. (2017). Penggunaan media kartu (flash card) dalam meningkatkan hasil belajar konsep mutasi bagi peserta didik kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143-148.

Murti, W. (2019). Peningkatan hasil belajar mahasiswa biologi melalui penggunaan media flashcard pada mata kuliah ekologi tumbuhan. AL-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 135-143.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 25-31.

Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56-61.

Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 6(1), 39-58.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Sirih, M. ., Sabilu, M. ., & Sudirman, R. S. P. (2023). PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI ANIMALIA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 8 KENDARI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(2), 134–139. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.34