E-LEARNING BERBASIS EDMODO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII

Authors

  • I Wayan Suama Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Damhuri Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Mitha Yusmala Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.42

Keywords:

E-Learning Berbasis Edmodo, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII.A sebanyak 22 siswa sebagai kelas perlakuan dan kelas VIII.B sebanyak 23 siswa sebagai kelas pembanding pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif sebanyak 18 butir soal pilihan ganda.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan e-learning berbasis edmodo lebih tinggi yaitu 67,91 dibandingkan yang diajar menggunakan e-learning berbasis whatsapp yaitu memiliki rata-rata 57,26. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thit = 2,71 lebih besar dari ttab = 2,69 pada taraf signifikan = 0,01 yang berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basori, B. (2013). Pemanfaatan social learning network” Edmodo” dalam membantu perkuliahan teori bodi otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 6(2).

Deswara, R. A., & Zafri, Z. (2019). Kelebihan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Kronologi, 1(2), 59-69.

Iskandar, A., Acai S., Meilani S., Oris K. S., Rahmi R., Dewi W., Muh. A. K., Nana M., Jamaludin, & Janner S. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Lestari, M. A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Kompetensi Dasar Menentukan Jenis Pondasi Yang Tepat Untuk Bangunan Sesuai Dengan Jenis Tanahnya Di Smk Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(3/JKPTB/16).

Mahmud, H., & Iqbal, I. (2019). Pembelajaran Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 2 Palopo. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 49-60.

Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas penggunaan e-learning berbasis edmodo terhadap minat dan hasil belajar (studi kasus di SMK Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50-56.

Nur, M. (2021). Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Dalam Masa Pandemi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 1-5.

Permatasari, Y., & Aprilia, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Wahana Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kognitif C1-C3 Pada Materi Kingdom Animalia Kelas X di SMA Muhammadiyah 7 yogyakarta. Jurnal Bioeducation, 5(1).

Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi.

Sudibyo, A. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan E-Learning Berbasis Edmodo Blog Education pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Respons Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).

Wijaya, I., & Arsyah, R. H. (2017). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 9 Padang (Studi Kasus Jurusan Akomodasi Perhotelan). MAJALAH ILMIAH UPI YPTK, 22(1).

Wirda, W., Almasri, A., & Sukaya, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas XI Teknik Audio Video Di SMK N 1 Kinali. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 2(2).

Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27-38.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Suama, I. W., Damhuri, & Yusmala, M. (2023). E-LEARNING BERBASIS EDMODO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(3), 192–197. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.42