HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS DAN PBL DI SMA

Authors

  • Safilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Jahidin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Aldin Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.76

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Discovery Learning

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu rancangan yang di dalamnya menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengajarkan materi yang diajarkan agar dapat dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat capaian hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 8 Kendari tahun ajaran 2019-2020, 2021-2022, 2022-2023 dengan variabel berupa hasil belajar kognitif kelas X menggunakan model Discovery Learning dan Cooperative Learning Tipe TPS dan PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X yang terdaftar pada tahun ajaran 2019-2020, 2021-2022, dan 2022-2023 berjumlah 489 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai guru mata pelajaran biologi dan dokumentasi untuk mendapatkan data hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil belajar kognitif berdasarkan nilai raport pada kelas X tahun ajaran 2019-2023 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, Cooperative Learning tipe TPS dan PBL memperoleh kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula, 16.

Aisyah, N., Widiyanto, B., & Fatkhurrohman, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 2(1), 61-67.

Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh model discovery learning dengan pendekatan scientific berbasis e-book pada materi rangkaian induktor terhadap hasil belajar siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 21-28.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Emda, A. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Lantanida Journal, 2(1), 68-79.

Riani, I. F., Sulaiman, S., & Mislinawati, M. (2017). Kendala Guru Dalammenerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Acehkendala Guru Dalammenerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Handayani, U. F. (2020). Analisis hambatan penerapan model pembelajaran kooperatif pada pelajaran matematika. Jurnal Pusaka, 9(2), 22-36.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Prameswari, A. M., Sudargo, S., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Team Assisted Individualization Berbantu Camtasia terhadap Prestasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 294-299.

Pratiwi, D. (2015). Analisis keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi melalui pembelajaran kooperatif pada mata kuliah desain pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 6(2), 13-25.

Putri, I. S., & Agustyaningrum, N. (2017). Efektivitas model pembelajaran problem based instruction dan snowball throwing ditinjau dari hasil beljar matematika siswa kelas VIII SMPN 51 Batam. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 97-103.

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1060-1064.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Safilu, Jahidin, & Aldin. (2024). HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS DAN PBL DI SMA . AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 50–58. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.76