HUBUNGAN LITERASI DAN SIKAP DENGAN SANITASI LINGKUNGAN MASYARAKAT DI WILAYAH PESISIR TELUK KENDARI KECAMATAN KENDARI BARAT KOTA KENDARI

Authors

  • I Wayan Suama Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Amiruddin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Agustan Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Mochammad Irianto Satriawan Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.106

Keywords:

Literasi, Sikap, Sanitasi Lingkungan

Abstract

Literasi dan sikap masyarakat yang kurang mendukung dapat berpengaruh terhadap sanitasi lingkungan di Wilayah Pesisir Teluk Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi lingkungan berhubungan dengan sanitasi lingkungan dan untuk mengetahui apakah sikap lingkungan berhubungan dengan sanitasi lingkungan serta untuk mengetahui apakah literasi lingkungan dan sikap lingkungan berhubungan dengan sanitasi lingkungan di Wilayah Pesisir Teluk Kendari. Jenis penelitian ini yaitu survei analitik atau observasional dengan teknik analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah  masyarakat yang berada di Wilayah Pesisir Teluk Kendari berjumlah 594 kepala keluarga yang terbagi dalam 2 kelurahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen non-tes dengan skala Likert. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi lingkungan dengan sanitasi lingkungan memiliki hubungan yang signifikan (p<0,05: H1 diterima) dan juga terdapat hubungan antara sikap lingkungan dengan sanitasi lingkungan (p<0,05: H1 diterima), serta literasi lingkungan dan sikap lingkungan dengan sanitasi lingkungan memiliki hubungan yang signifikan (p<0,05: H1 diterima). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa ada hubungan antara literasi lingkungan dengan sanitasi lingkungan dan ada hubungan antara sikap lingkungan dengan sanitasi lingkungan, serta ada hubungan antara literasi lingkungan dan sikap lingkungan dengan sanitasi lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Afifah Nur. (2021). Statistik Pendidikan. Jember: IAIN Jember.

Butarbutar, Maria Haryanti. (2018). Hubungan Perilaku Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Pasien TB Paru. Journal of Borneo Holistic Health, 1(1), 51-61.

Hartati, Anna Yulia. 2012. Global Environment Regime : di Tengah Perdebatan Paham Antroposentris Versus Ekosentris. Jurnal Ilmu Politik Hubungan Internasional, 12(2), 1-2.

Marwanto, A. Netrianis. Dan Mualim. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Stbm) Pilar Pertama Di Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(1), 1-6.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2013). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuryadi. Astuti, T.D. Utami, S. Dan Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

Prasetyawan, T.A. Affandi, I.A. Dan Maryati, H. (2014). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Keluarga Tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (Jamban) Di Dusun Kendayaan Desa Darurejo Kec. Plandaan Kab. Jombang. Jurnal Metabolisme, 3(2), 1-5.

Puspita, Sherly. (2018). Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. [online]. Tersedia: https://megapolitan.kompas.com/%20read/2018/08/19/21151811/indonesiapenyumbang-sampah-plastik-terbesar-keduadi-dunia, [5 Maret 2022].

Saltan, F. (2017), Using Blogs to Improve Elementary School Students’ Environmental Literacy in Science Class, European Journal of Educational Research, 6(3), 347–355.

Satwika, S, W, Putro, S, Sriyono. (2021), Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Masyarakat Dalam Pemeliharaan Sanitasi Lingkungan Di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang, Jurnal Edu Geography, 9(3), 224.

Yaniarsi, Susi. (2019), Pengaruh Global Terhadap Hukum Lingkungan di Indonesia, Jurnal Solusi, 17(3), 260.

Zulfa, V, Max, M, Hukum, I, dan Ilyas, I. (2016), Isu-Isu Kritis Lingkungan dan Perspektif Global, Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, 5(1), 30.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Suama, I. W., Amiruddin, Agustan, & Satriawan, M. I. (2024). HUBUNGAN LITERASI DAN SIKAP DENGAN SANITASI LINGKUNGAN MASYARAKAT DI WILAYAH PESISIR TELUK KENDARI KECAMATAN KENDARI BARAT KOTA KENDARI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 90–94. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.106