HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE REMAJA PUTRI SMPN 5 KENDARI

Authors

  • Amiruddin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Jumadin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Sri Wahyuni Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.12

Keywords:

Status gizi, menarche, remaja putri

Abstract

Studi yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan usia menarche secara global termasuk di Indonesia. Usia menarche pada perempuan merupakan indikator pubertas yang dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah faktor gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan usia menarche pada remaja putri di SMP Negeri 5 Kendari. Jenis penelitian ini survei analitik korelasional dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswi SMP Negeri 5 Kendari. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Besar sampel sebanyak 152 responden. Data dianalisis secara univariat, bivariat dengan uji korelasi spearman. Hasil analisis statistik, diperoleh nilai p < 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan antara status gizi dengan usia menarche. Remaja yang memiliki status gizi tinggi akan mengalami menarche di usia yang lebih cepat dibanding remaja yang memiliki status gizi rendah, karena perbedaan jumlah kelenjar adiposa yang dimiliki menghasilkan jumlah sekresi kadar leptin yang berbeda, dimana Leptin ini berperan sebagai perantara antara jaringan adiposa dan sistem reproduksi untuk mensuplai dan mengatur hormon estrogen yang dibutuhkan untuk reproduksi normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aishah, S. (2011). Hubungan antara Status Gizi dengan Usia Menarche pada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Shafiyyatul Amaliyyah Medan Tahun 2011. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Amaliah, N., Sari, K., & Rosha, B. C. (2012). Status Tinggi Badan Pendek Berisiko Terhadap Keterlambatan Usia Menarche Pada Perempuan Remaja Usia 10-15 Tahun (Stunting Increased Risk Of Delaying Menarche On Female Adolescent Aged 10-15 Years). Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 35(2), 150-158.

Guyton, A. C., & Hall, J. E. (2007). Buku ajar fisiologi kedokteran edisi 11. Jakarta: Egc, 81-85.

Notoatmodjo, S. (2010). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: PT Rireka.

Proverawati, A. (2011). Kusumawati. Ilmu Gizi untuk Keperawatan dan Gizi Kesehatan.

Proverawati, A., & Misaroh, S. (2009). Menarche menstruasi pertama penuh makna. Yogyakarta: Nuha Medika, 144.

Purwitasari, D., & Maryanti, D. (2009). Gizi dalam kesehatan reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rayburn, W. F., & Carey, J. C. (2019). Obstetri & Ginekologi.

Sukriani, W., & Sobri, H. (2010). Hubungan Status Gizi dengan Usia Menarche Siswi Kelas VII SMP Muhammadiyah I Yogyakarta Tahun 2010 (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).

Sylvia, V., & Saftarina, F. (2013). Hubungan Status Gizi dengan Usia Menarche pada Remaja Putri di SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Jurnal Majority, 2(5).

WHO-NCHS. (2011). Nutritional Status of Children (NCHS/CDC/WHO Standard). Monitoring the situation of children and women. Geneva.

Yulia,V.V. (2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keterlambatan Usia Menarche Pada Remaja Putri Di SLTP Kecamatan Situujuh Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2010. Universitas Andalas. Padang. (URI: http://repo.unand.ac.id/id/eprint/390).

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Amiruddin, Jumadin, L., & Wahyuni, S. (2023). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE REMAJA PUTRI SMPN 5 KENDARI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(1), 54–60. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.12