PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBENTUK ENSIKLOPEDIA UNTUK MENDUKUNG MATERI PROTISTA SMA KELAS X

Authors

  • Jahidin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Ahdiat Agriansyah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Sukeisi Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.11

Keywords:

Pengembangan, Sumber Belajar, Ensiklopedia, Protista

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan siswa terhadap sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi protista SMA kelas X. Subjek  dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas X IPA 2 yang berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengambangan  yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan dalam prosedur  pengumpulan data yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design) tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar validasi yang akan diisi oleh validator materi untuk memperoleh penilaian tentang kualitas sumber belajar ensiklopedia materi protista dan angket untuk memperoleh data tanggapan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Data disajikan dalam bentuk diagram batang. Kesimpulan penelitian ini adalah  kelayakan sumber belajar berbentuk ensiklopedia praktis untuk mendukung materi protista SMA kelas X kualifikasi kelayakan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 88,03% sehingga dapat dinyatakan sangat layak digunakan dan tanggapan siswa terhadap sumber belajar ini memperoleh kualifikasi tanggapan sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 87,13%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonawati, E. (2007). Buku teks dalam pembelajaran Geografi di Kota Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 4(2).

Cholifatur, R.F. 2015, Pengaruh Penggunaan Ensiklopedia Bahan Praktikum Kelas XI terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, hh. 32.

Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (1976). Educational research: Competencies for analysis and applications. (No Title).

Iskandar, I., Budijanto, B., & Amirudin, A. (2016). Pengembangan buku teks geografi dengan struktur penulisan ensiklopedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 137-143.

Mulia, A., Jufri, M., & Syamsiah, S. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Berbasis Potensi Lokal di Daerah Sinjai Sebagai Sumber Belajar Materi Plantae (Spermatophyta). In Seminar Nasional Biologi.

Noviar, D. (2015). Pengembangan Ensiklopedi IPA Terpadu Berbasis Scientific Approach dan Indigenous Science Untuk Siswa Kelas VI SD/MI dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 7(2).

Nuraida, D., & Nisa, U. M. (2017, October). Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus Development Encyclopedia of Morphology, Anatomy and Physiology in Plants with Special Character. In Proceeding Biology Education Conference Vol (Vol. 14, No. 1, pp. 503-507).

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32.

Rizky, R. A., & Damayanti, M. I. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Sumber Daya Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254589.

Rosidha, F. C. (2015). Pengaruh Penggunaan Ensiklopedi Bahan Praktikum Kelas Xi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN LAB UIN Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Sulistiyawati & Hedianti, R. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi Sebagai Sumber Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. In Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Susanti, A. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Sutrisno, S. (2016). BAHAN AJAR DAN PENGEMBANGANNYA. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 6(3). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/111

Suwarno, W., & Sandra, M. (2011). Perpustakaan & buku: wacana penulisan & penerbitan. Ar-Ruzz Media (AM).

Vanessa, G. (2014). Pembuatan ensiklopedia hewan punah dan terancam punah berbasis web. Calyptra, 2(2), 1-6.

Zaman, M.Q. 1102405044 (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Materi Pesawat Sederhanauntuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. (http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11698)

Zunaidah , F. N. Dan Amin, N., 2016, Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri, Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, Vol. 2, no.1, hh. 21

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Jahidin, Ahdiat Agriansyah, & Sukeisi. (2023). PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBENTUK ENSIKLOPEDIA UNTUK MENDUKUNG MATERI PROTISTA SMA KELAS X. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(1), 46–53. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.11