PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM SISTEM SIRKULASI DENGAN FLIP PDF PROFESSIONAL

Authors

  • Murni Sabilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhamad Sirih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Maryce Agusthinus Walukou Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Firyal Fatin Afifah Toparuni

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.116

Keywords:

E-modul praktikum, flip pdf professional, sirkulasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul Praktikum Berbantuan Flip PDF Professional yang layak digunakan pada materi sistem sirkulasi di SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Metode pengumpulan data dalam bentuk lembar isian. Instrumen penelitian ini adalah lembar isian dengan skala likert yang digunakan untuk mengetahui nilai kelayakan E-Modul Praktikum menggunakan Flip PDF Professional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi media oleh ahli media diperoleh rerata persentase 87,70% (kategori sangat valid). Hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh rerata persentase 88,33% (kategori sangat valid). Hasil uji keterbacaan produk oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata persentase 97,95% (kategori sangat praktis) dan 96,47619% (kategori sangat praktis). Berdasarkan persentase rerata nilai yang ditujukan maka disimpulkan bahwa E-Modul Praktikum Berbantuan Flip PDF Professional layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi khususnya kegiatan praktikum pada materi sistem sirkulasi di SMA/MA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia A., Yudiyanto dan Hakim N. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. Journal of Education and Teaching. Vol 3 (1). Hal: 116-127.

Eliza F., dan Myori D.E. (2017). Trainer pada Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. Vol 10 (1). Hal: 12-22.

Febrianti F.A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 4 (2). Hal: 102-115.

Hendriyani W., Hasnunidah N., dan Yolida B. (2020). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Peredaran Darah Manusia dengan Model Argument Driven Inquiry (ADI). Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 5 (1). Hal: 24-32.

Ningsi A.P., Purwaningsih S., Dan Darmaji. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Ekektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu Dan Kalor Untuk Smp/Mts. Jurnal Edumaspul. Vol 5 (1). Hal: 242-252.

Puspita K., Nazar M., Hanum L., dan Reza M. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. Vol 5 (2). Hal: 151-161.

Sari D.K. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Jurnal Riset Pedagogik. Vol 5 (1). Hal: 44-54.

Wijaya S.H., Tegeh I.M., dan Suartama I.K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. Vol 11 (1). Hal: 61-71.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Sabilu, M., Sirih, M., Walukou, M. A., & Fatin Afifah Toparuni, F. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM SISTEM SIRKULASI DENGAN FLIP PDF PROFESSIONAL. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 95–99. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.116