PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK LAGU PADA MATERI SISTEM GERAK
DOI:
https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.15Keywords:
Media Pembelajaran, Lagu, Sistem GerakAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk lagu pada materi sistem gerak di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah validator media, validator materi, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik di SMA Negeri 1 Kendari. Validasi instrumen penelitian oleh validator media dan materi menggunakan lembar isian dengan skala Thurstone, sedangkan respon guru dan siswa mata pelajaran Biologi menggunakan Skala likert, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validator ahli media terhadap kelayakan media lagu sebagai media pembelajaran diperoleh rerata 75,94 % (valid). Hasil validator ahli materi terhadap kelayakan media lagu sebagai media pembelajaran diperoleh rerata 80,20% (valid). Hasil respon guru terhadap tingkat kelayakan lagu sebagai media pembelajaran diperoleh rerata 94,67% (kriteria sangat valid) sedangkan respon siswa diperoleh rerata 90,68% (kriteria sangat valid). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa dengan ini media pembelajaran dalam bentuk lagu layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah menengah atas.
Downloads
References
Awal, R., & Sari Pardede, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Keterampilan Proses Sains terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA 2 TA 2015/2016 SMA Nurul Falah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 8(1), 66-74.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).
Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123-140.
Jumaryatun, J. (2014). Penggunaan media lagu sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis cerpen. BASASTRA, 1(3).
Kirana, D. Z. (2014). Keefektifan Penggunaan Media Lagu pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Purworejo. Skripsi). Fakultas Bahasa dan Seni. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79-90.
Lodang, H., & Arsyad, M. N. (2015). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri Donri-Donri. Jurnal Bionature, 16(1), 58-64.
Nur, M. F. (2019). Penggunaan Media Android dalam Pembelajaran Sistem Gerak Kelas XI SMA. Biology Teaching and Learning, 2(2), 87-92.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2 (2), 35.
Rusby, Z., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-Hikmah, 14(1), 18-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Safilu, Muh. Sirih, Dinda Putri Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.