PENERAPAN PBL VARIASI STRATEGI ELABORASI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS X SMAN

Authors

  • Kasman Arifin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Dwi Nurhidayah Zubaidah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Nurhidayah Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.19

Keywords:

PBL, PQ4R, Literasi-Numerasi, Keanekaragaman Hayati, Virus

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa Sekolah Menengah Atas akan dipecahkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) variasi strategi elaborasi PQ4R.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatnya kemampuan literasi numerasi siswa khususnya pada materi pokok Keanekaragaman Hayati dan Virus Kelas X. Penelitian didesain dengan menerapkan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 4 Kendari yang berjumlah 29 siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari hasil tes literasi numerasi siswa, kinerja guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa pada siklus I rerata persentase pencapaian literasi numerasi siswa sebesar 13,64%, namun belum mencapai indikator keberhasilan siklus I sebesar 15%. Tahap siklus II terjadi peningkatan secara signifikan literasi numerasi siswa yaitu 32,37% dan telah mencapai dan melampaui indikator keberhasilan siklus II sebesar 30%, seiring dengan meningkatnya kinerja guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan refleksi yang diberikan, yang disertai meningkatnya aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Callister, G. (2018) LITERACY AND NUMERACY STRATEGY PHASE 2.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., ... & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi.

Meiers, M., Khoo, S. T., Rowe, K., Stephanou, A., Anderson, P., & Nolan, K. (2006). Growth in literacy and numeracy in the first three years of school.

OECD, C. N. (2019). Indonesia-Results from PISA 2018. PISA: OECD Publishing.

Pamungkas, R., Probosari, R. M., & Puspitasari, D. (2015). Peningkatan Literasi Membaca melalui Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X Mia 1 Sman 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 2, pp. 406-412).

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Saptasari, M., Sunarmi, S., Sulasmi, E. S., Wicaksono, R. S., & Sudrajat, A. K. (2019). Information literacy skill: An alternative to support biology student’s learning outcomes. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 451-458.

Stephenson, J. (2014). Visible learning and the science of how we learn.

Timperley, H., Parr, J., & Meissel, K. (2010). Making a difference to student achievement in literacy: Final research report on the Literacy Professional Development Project. Report to Learning Media and the Ministry of Education.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Arifin, K., Zubaidah, D. N., & Nurhidayah. (2023). PENERAPAN PBL VARIASI STRATEGI ELABORASI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS X SMAN. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(2), 92–101. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.19