PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERINTEGRASI VLOG NOW MATERI METABOLISME KELAS XII SMA

Authors

  • Lili Darlian Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Dwi Nurhidayah Zubaidah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Sirniawan Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.2

Keywords:

Video Praktikum, Sparkol Videoscribe, Vlog Now (VN), Mind Mapping, Metabolisme

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa video praktikum berbasis Sparkol Videoscribe terintegrasi Vlog Now (VN) sebagai media pembelajaran yang layak digunakan pada materi metabolisme di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah validator media, validator materi, guru mata pelajaran biologi dan peserta didik di SMA Negeri 07 Kendari. Instrumen penelitian berupa lembar isian dengan skala Thurstone dan skala Likert yang digunakan untuk mengetahui nilai kevalidan media pembelajaran berbasis video praktikum. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validasi desain media pembelajaran berbasis video praktikum oleh ahli media diperoleh rerata persentase 83,21% (kriteria sangat valid) sedangkan ahli materi diperoleh rerata persentase 90,13% (kriteria sangat valid). Hasil tanggapan desain media berbasis video praktikum oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata persentase 91,20% (kriteria sangat sesuai) dan 92,20% (kriteria sangat sesuai) sedangkan tanggapan terhadap materi berturut-turut diperoleh rerata persentase 90,87% (kriteria sangat sesuai) dan 92,60% (kriteria sangat sesuai). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa media pembelajaran berbasis video praktikum layak sebagai media pembelajaran di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, I. Y. (2019, May). Pentingnya media pembelajaran berbasis video untuk siswa jurusan ips tingkat SMA se-Banten. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 263-275).

Arifiyanto, A., Sumardi, S., & Ekowati, C. N. (2021). Belajar enzim dari rumah; Penguatan Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Guru Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Tulangbawang. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 264-272.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29-36.

Franesti. 2015. Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baku dikalangan Remaja. Bahasa Sastra dan Pembelajaran. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Franesti, D. (2021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baku Di Kalangan Remaja. FKIP e-Proceeding, 39-50.

Hidayati, L; Priantari, I dan Komarayanti, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe pada Pokok Bahasan Filum Mollusca SMA Kelas X.Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Jember.

Manzilina, F., Listiawati, E., & Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Media Videoscribe Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). JIPMat, 5(2), 185-199.

Masruri, M. (2020). Identifikasi hambatan pelaksanaan praktikum biologi dan alternatif solusinya di sma negeri 1 moga. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11(2), 1-10.

Mirwanto, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan DASAR DALAM Melakukan Praktikum Fisika Pada Materi Pipia Organa Tertutup Siswa Kelas XI IPA 1 dan Kelas IPA 2 SMAN 1 Mambi. Makassar: Uin Alauddin, 19.

Mudinillah, A., Rezi, M., & Vricela, W. (2022). Pemanfaatan Aplikasi VN sebagai Media Pembelajaran IPS di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 22(1), 13-21.

Nafisah, F. V., & Pramudiani, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Sparkol Videoscribe terhadap Motivasi Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 695-702.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135.

Sotalapa, Y. A., Djuddin, T., & Mering, A. (2017). Pengaruh pemanfaatan media video bimbingan praktikum terhadap peningkatan hasil belajar materi organisasi kehidupan di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12).

Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sundayana, R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Triyani, T., Nulhakim, L., & Berlian, L. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe tema pertumbuhan si hijau yang berorientasi pada literasi sains siswa SMP Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 269-277.

Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Darlian, L., Zubaidah, D. N., & Sirniawan. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERINTEGRASI VLOG NOW MATERI METABOLISME KELAS XII SMA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(4), 266–273. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.2