PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 3 BONE

Authors

  • Irma Ayu Ningsih Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Erwing Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Romi Adiansyah Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.21

Keywords:

Model Pembelajaran STEAM, Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh penggunaan model yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran STEAM dapat menanamkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 3 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pra eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest one group design. Data yang diolah merupakan hasil tes kemampuan berpikir kritis berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah penerapan model pembelajaran STEAM dapat menanamkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 3 Bone. Ditinjau dari hasil tes berpikir kritis siswa yang diberikan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran STEAM. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa sebelum diberi perlakuan masuk pada kategori sangat rendah. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan atau belajar dengan menggunakan model pembelajaran STEAM menjadi meningkat, sebanyak 38% masuk pada kategori tinggi dan 12% masuk pada kategori sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran STEAM dapat menanamkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 3 Bone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusniatih, A., & R., S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502–6512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3418

Amin, A. M. & Adiansyah, R. (2018). Persepsi dosen Terhadap Perkembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dan Permasalahan yang Dihadapi Mahasiswa dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritisnya. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI), 4(1).

Ariyatun, A., Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Of Educational Chemistry (JEC), 2(1).

Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran biologi berbasis steam di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 182–190.

Hasanah, H. A., Sukardi, S., & Wadi, H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Paedagogy, 9(4), 695. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5660

Hidayati, N., Irmawati, F., & Prayitno, T.A (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education. JPBO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2).

Kurinci, D. I., Siregar, S., & Nabila, N. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Steam Dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. 1(1), 1–6. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/sentra/index

Milara, I. S. & Cortes, M. (2019). Possibilities and Challenges of STEAM Pedaggies. Marc 2020.doi.org/10/13140/rg.2.2.28652.31360.

Nasrah, Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13. https://36.89.54.123/index.php/jkpd/article/view/4166

Oktafiany, H., Sakroni, I. (2022). Model Pembelajaran STEAM Menggunakan Google Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1).

Rohmah, S. (2021). Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solvin Di Sd Negeri Ngemplak.

Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan 4c dengan Literasi Digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125–142. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.291.

Sukmana, R. W. (2018). Implementasi Pendekatan STEM (Science Technology, Engineering, Arts, Mathematics) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Primaria Educationem Jornal (PEJ), 1(2).

Zulhijrah, K. A. (2019). Pengaruh model problem based learning dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 25 CENRANA. Αγαη, 8(5), 55.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Irma Ayu Ningsih, Erwing, & Adiansyah, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 3 BONE. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(3), 154–159. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.21