PENGARUH PERPADUAN HYBRID PROJECT BASED LEARNIG DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI SISWA SMP

Authors

  • Safilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Jahidin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Meina Kido Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.26

Keywords:

Hybrid PJBL dipadu CS, Kesadaran Metakognisi, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Hybrid Project Based Learning dipadu dengan Cooperative Script terhadap kesadaran metakognisi pada materi pencemaran lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 17 Kendari Tahun ajaran 2021/2022, sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh  dua kelas yakni kelas VII.6 dengan jumlah peserta didik 30 dan kelas VII.4 dengan jumlah peserta didik 30. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen. Indikator kesadaran metakognisi yang diukur yaitu; pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, pengetahuan kondisional, perencanaan, strategi mengelola informasi, pemantauan mengenai pemahaman, strategi perbaikan dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kesadaran metakognisi yang diajar menggunakan model pembelajaran Hybrid Project Based Learning (Hybrid-PJBL) dipadu dengan Cooperative Script  (CS) memperoleh hasil yakni 73,67 dengan standar deviasi 5,779 dan metode ceramah diperoleh rata-rata hasil yakni 52,53 dengan standar deviasi 6,882. Hasil analisis inferensial diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Hybrid Project Based Learning dipadu dengan Cooperative Script terhadap kesadaran metakognisi pada materi pencemaran lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitama, R.S., Kusnadi dan Bambang, S. (2018). Kesadaran Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Indonesian Journal Of Biology Education. Vol 1 (2). Hal: 41.

Adnan, dan Bahrih, A. (2016). Beyond Effective Teaching: Enchang students’ Metakognitive Skill Through Guided Inquiry. Journal Of Physics. Hal: 1-5.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American psychologist, 34(10), 906.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Atrraniry. Vol 4 (1). Hal: 37-39.

Jahidin. (2021). Pembelajaran Biologi Abad 21. Kendari: CV. Metro Graphia.

Khusni, M. F. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361-382.

Kurniawati, Z., L., Zubaidah, S., S. dan Mahanal. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map-Cooperative Script (Remap-Cs). Jurnal Pendidikan. Vol 1 (4).

Kurniawati, E. E., Sumarti, S. S., Wijayati, N., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Project Based Learning. Jurnal Pendidikan, 10(2252), 315-321.

Masrura, S. I. (2013). Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan prestasi belajar matematika. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 1(1), 1-18.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.

Najah, R., H., Sumarni, W., dan Mursiti, S. (2020). Kemampuan Metakognitif Siswa Pada Penerapan Model Project Based Learning Dengan Paikem Di Ma Al-Asror Semarang. Journal of Chemistry In Education. Vol 9 (2). Hal: 6.

Nurwidodo, Aisyah, D.F.N dan Fauzi, A. (2021). Kesadaran Metakognitif Siswa Setelah Mengikuti Pembelajaran Modifikasi Cooperative Script dipadu Hybrid-PjBl. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol 7 (1). Hal: 14-15.

Priyanti, D., Marpaung, R. R. T., & Achmad, A. (2018). Pengaruh problem based learning terhadap metakognisi dan hasil belajar materi pencemaran lingkungan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(4).

Putri, L. T., Nuroso, H., & Khoiri, N. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma N 2 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2).

Sardinayah. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan. Vol 10 (2). Hal: 75, 76, 77.

Silvia, L. (2019). Komparasi Metode Ceramah dan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Pai Kelas VII SMPN 2 Trienggadeng Pidie Jaya. Jakarta: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Unj press.

Trisnawati, N.F., Layn, M.R., Setyo, A.,A., Arsyad, R., B., Faturrahman, M., S., dan Banjarhanor, T., H. (2019). Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kota Sorong. Jurnal Admathedu.Vol 9 (2). Hal: 129.

Wilson, D., & Conyers, M. (2016). Teaching students to drive their brains: Metacognitive strategies, activities, and lesson ideas. Ascd.

Yusnaeni, A., & Corebima, D. (2017). Empowering students ‘metacognitive skills on sscs learning model integrated with metacognitive strategy. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4, 3476-3481.

Zainudin, Z., Wijayanti, R., & Faulina, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Hiybrid Learning Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata kuliah IPA Kelas Rendah. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(3), 242-249.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Safilu, Jahidin, & Kido, M. (2023). PENGARUH PERPADUAN HYBRID PROJECT BASED LEARNIG DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI SISWA SMP. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(2), 119–124. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.26