PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI VIRUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MIA 2 SMAN 1 BUNGKU SELATAN

Authors

  • Jahidin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Murni Sabilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Magfira Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.28

Keywords:

Hasil belajar kognitif, Materi Virus, Model Pembelajaran Dyscovery learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIA2 pada materi virus dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2, SMAN 1 Bungku Selatan dengan jumlah siswa 38 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x45 menit di setiap pertemuan. Analisis data pada  evaluasi hasil belajar kognitif siswa pada siklus I diperoleh jumlah siswa tuntas sebanyak 11 orang (41%) dan siswa tidak tuntas sebanyak 16 orang (59%). Siklus II mengalami peningkatan evaluasi hasil belajar kognitif dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 21 orang (78%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 orang (22%). Hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIA 2, SMAN 1 Bungku Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi Revisi.

Hasibuan, H. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Virus Di Kelas X Aliyah Al–Fajri Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, Unimed).

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 259334.

Prilanita, Y. N., & Sukirno, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa melalui Faktor Pembentuknya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 244-256.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Rosna, A. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(7), 118217.

Setyani, M. R., & Ismah, I. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika ditinjau dari Hasil Belajar. Prosiding Senamku, 1, 73-84.

Sigli, S. N. U. Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA1 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli Implementation of discovery learning model towards students learning outcome of XI-IPA1 students on the respiratory system materials at Sigli Unggul High School.

Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74-84.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Jahidin, Sabilu, M. ., & Magfira. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI VIRUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MIA 2 SMAN 1 BUNGKU SELATAN. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(2), 140–145. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i2.28