PENGARUH PEMBERIAN AMPAS SINGKONG (Onggok) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) PADA MEDIA TANAH DAN SEKAM

Authors

  • Suarna Samai Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Lili Darlian Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Masita Maulud Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.38

Keywords:

Ampas Singkong (onggok), Media Tanam, Sawi, Pertumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas singkong (onggok) pada media tanam tanah dan sekam terhadap pertumbuhan tanaman sawi dan mengetahui konsentrasi yang paling efektif untuk pertumbuhan tanaman sawi. Jenis penelitian yaitu eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan dengan konsentrasi yaitu ampas singkong 25 gram, 35 gram, 45 gram dan 55 gram. Populasi penelitian ini adalah semua tanaman sawi yang ada di tray semai dan sampel penelitian adalah semua tanaman sawi yang ada di polybag. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pengamatan berdasarkan parameter tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah daun dan berat basah tanaman sawi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial meliputi sidik ragam dan beda uji nyata duncan (BJND). Hasil analisis deskriptif pertumbuhan tanaman sawi dari pengukuran ke-22 HST sampai ke-40 HST memiliki laju pertumbuhan yang meningkat. Hasil analisis inferensial pengukuran ke-40 HST menunjukkan bahwa semua parameter pertumbuhan diperoleh hasil Fhit>Ftab (signifikan). Hasil uji BJND menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dari setiap perlakuan. Ampas singkong memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan tanaman sawi dan perlakuan P1 (25 gram) memberikan hasil paling efektif dengan berat basah panen 21,62 gram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A. D., Riniarti, M., & Duryat, D. (2014). Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji Dan Arang Sekam Padi Sebagai Media Sapih Untuk Cempaka Kuning (Michelia Champaca). Jurnal Sylva Lestari, 2(3), 49-58.

Dalimoenthe, S. L. (2013). Pengaruh Media Tanam Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Perakaran Pada Fase Awal Benih Teh Di Pembibitan. Jurnal Penelitian Teh Dan Kina, 16(1), 1-11.

Damayanti, N., Anggarwulan, E., & Sugiyarto, S. (2014). Perkecambahan Dan Pertumbuhan Sawi Hijau (Brassica Rapa Var. Parachinensis) Setelah Pemberian Ekstrak Kirinyuh (Chromolaena Odorata). Asian Journal Of Natural Product Biochemistry, 12(2), 58-68.

Erawan, D., Yani, W. O., & Bahrun, A. (2013). Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.) Pada Berbagai Dosis Pupuk Urea. Jurnal Agroteknos, 3(1), 19-25.

Manullang, G. S., Rahmi, A., & Astuti, P. (2014). Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica Juncea L.) Varietas Tosakan. Agrifor: Jurnal Ilmu Pertanian Dan Kehutanan, 13(1), 33-40.

Margiyanto, E. 2008. Budidaya Tanaman Sawi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pratama Kh, S. Pengaruh Penambahan Kulit Singkong Pada Media Tumbuh Terhadap Produksi Dan Kandungan Gizi Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Nonteks.

Rasulu, H., Yuwono, S. S., & Kusnadi, J. (2012). Karakteristik Tepung Ubi Kayu Terfermentasi Sebagai Bahan Pembuatan Sagukasbi. Jurnal Teknologi Pertanian, 13(1), 1-7.

Siregar, M. (2018). Respon Pemberian Nutrisi Abmix Pada Sistem Tanam Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica Juncea). Jasa Padi, 2(02), 18-24.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Samai, S., Darlian, L., & Maulud, M. (2023). PENGARUH PEMBERIAN AMPAS SINGKONG (Onggok) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) PADA MEDIA TANAH DAN SEKAM . AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(3), 167–173. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.38