HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 10 KENDARI

Authors

  • Murni Sabilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Lili Darlian Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Devi Nurfadhila Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.4

Keywords:

Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 85 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan desain true eksperimental design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar dan angket kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata yang paling tinggi auditorial 48,08, frekuensi 64, persentase 75,3%, visual  rata-rata 42, frekuensi 59, persentase 69,4%, kinestetik rata-rata 39,6, frekuensi 56, persentase 65,9%, kemampuan berpikir kreatif rata-rata 135,4, frekuensi 50, persentase 58,8%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa gaya belajar auditorial dengan kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai 0,000 < 0,05 dengan rhitung  0,721 > rtabel 0,216, gaya belajar visual dengan kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai 0,001 < 0,05 dengan rhitung  0,672 > rtabel 0,216, dan gaya belajar kinestetik dengan kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai 0,003 < 0,05 dengan rhitung 0,461 > rtabel 0,216, yang artinya terdapat hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ahmar, D. S. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia peserta didik kelas XI IPA Se-Kabupaten Takalar. Jurnal Sainsmat, 5(1), 7-23.

Arniati, Jahidin, Murni, S., & Dwi, N. Z. (2021). Kecenderungan Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 4 Kendari dan SMA Negeri 10 Kendari Ditinjau dari Etnik Muna, Bugis, dan Tolaki. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 6 (2), 54-59.

Arvida, Lili, D, Maryce, A W. 2022. Gaya Belajar Siswa dalam Belajar Biologi pada Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Kendari. AMFIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 7(4), 161-166.

Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2018). Analisis gaya belajar ditinjau dari hasil belajar siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183-187.

Chania, Y, Haviz, M, Dewi S. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal Of Saintek, 8 (1), 77-84.

Herlambang, A. D., Sasmita, D. A., & Wijoyo, S. H. (2021). Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 7(2), 105-115.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.

Nurmayani, N. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Vak Pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa SMP NEGERI 2 NARMADA (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328.

Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa’i, I. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 330-334).

Putri, A. W. (2013). Pengaruh Gaya BelajarSiswa (Visual, Kinestetik, Dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Administrasi Perkantoran, 1(3), 1-21.

Rahmawati, L., & Gumiandari, S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Identification Of Learning Styles (Visual, Auditorial And Kinesthetic) English Tadris Students Class 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 54-61.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Suriany, E., Negeri, S., Besar, P., & Bangka, K. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA melalui pembelajaran Math-Talk Learning Community. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(5), 2407-8530.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Sabilu, M., Darlian, L., & Nurfadhila, D. (2023). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 10 KENDARI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(1), 20–27. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i1.4