PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVE WORKSHEETS MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA/MA

Authors

  • Kasman Arifin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • M. Sirih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Nurnita Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.41

Keywords:

Bahan Ajar, E-LKPD, Live Worksheets, Sistem Pernapasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD berbasis live worksheets yang layak digunakan pada materi sistem pernapasan di SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah validator media, validator materi, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik di MAN 1 Konawe. Instrumen penelitian ini adalah lembar isian dengan skala Likert yang digunakan untuk mengetahui nilai kelayakan E-LKPD berbasis live worksheets dan lembar soal uji capaian hasil belajar peserta didik untuk mengetahui pencapaian hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi media oleh ahli media diperoleh rerata persentase 80,85% (kriteria valid). Hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh rerata persentase 91,77% (kriteria sangat valid). Hasil uji coba produk oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata persentase 87,17% (kriteria sangat praktis) dan 91,85% (kriteria sangat praktis). Hasil tanggapan peserta didik diperoleh rerata persentase 83,33% (kriteria sangat efektif) dan uji capaian hasil belajar peserta didik diperoleh ketuntasan hasil belajar dengan rerata skor setelah menggunakan produk sebesar 89,35. Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis live worksheets layak digunakan sebagai bahan ajar di SMA/MA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eliza, F., & Myori, D. E. (2017). Trainer Pada Pembelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 10(1), 11-20.

Fitria, A. D. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMAN 1 Pitu Riase Kab. Sidenreng Rappang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4 (2), 14-28.

Hasibuan, Z., Suryadi, B., Yulianti, K., Guntoro, N. A., Su’ud, Z., & Khomsiyah, K. (2014). Buletin BSNP. Media Komunikasi Dan Dialog Standar Pendidikan, 9(3), 1-20.

Hendrayani, A., Permana, N. D., Ilhami, A., & Syarif, M. I. (2022). The Development of Student Live Worksheets Based on Problem Based Learning in the Optical Instrument Chapter. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 4(1), 75-82.

Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2021, December). Student’s worksheet design assisted with liveworksheets to improve student’s concept understanding skills on quadrilaterals and triangles. In Multidiscipline International Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 462-469).

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72.

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71-77.

Nashiroh, P. K., Kamdi, W., & Elmunsyah, H. (2017, September). The effectiveness of web-programming module based on scientific approach to train logical thinking ability for students in vocational high school. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1887, No. 1, p. 020068). AIP Publishing LLC.

Novianti, R. K., Artharina, F. P., & Subekti, E. E. (2023). the Development Of Liveworksheet-Based Interactive Student Worksheets To Increase Student Learning Motivation. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 488-496.

Nurhakim, I., Prihadi, A., & Rina, R. (2017, August). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Visual Oleh Guru Ips Terpadu Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 7 Sungai RAYA. In Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 2017.

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601-2614.

Rasuh, N. T. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets pada Topik Hidrolisis Garam Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Riduwan. (2003). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Cv. Alfabeta.

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran Addie Integrasi Pedati Di Smk Pgri Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Bandung: CV. Widina Media Utama.

Sidik, M. F., & Fahyuni, E. F. (2022). Development of a Digital Live Worksheet in the Religion Subject to Improve Student Learning Outcomes at Junior High School. Academia Open, 6, 10-21070.

Sugiyarti, L., Alrahmat, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–44.

Suwahru, A., Bahri, A., & Mu'nisa, A. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sel Kelas XI SMA. Biology Teaching and Learning, 1(1), 53-61.

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132-141.

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Arifin, K., Sirih, M., & Nurnita. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVE WORKSHEETS MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA/MA . AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(3), 182–191. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.41