ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI DI SMA AL-QUR’AN WAHDAH ISLAMIYAH KENDARI

Authors

  • Asmawati Munir Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Murni Sabilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Nur Tiba Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.44

Keywords:

Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran silabus, RPP, LKPD, Instrumen penilaian, media pembelajaran, dan bahan ajar peserta didik sesuai tuntunan kurikulum 2013 yang digunakan oleh guru Biologi di SMA Al-qur’an Wahdah Islamiyah Kendari di kecamatan Puuwatu. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik menganalisis dokumen perangkat pembelajaran silabus dan RPP dengan menggunakan instrumen penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru Biologi di SMA Al-qur’an Wahdah Islamiyah Kendari. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sebesar 50% dari jumlah sampel. Hasil penelitian perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi di SMA Al-qur’an Wahdah Islamiyah Kendari belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 karena lembar kerja peserta didik (LKPD), instrument penilaian, bahan ajar siswa, dan media pembelajaran masih dalam kategori kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N., Zulkarnain, Z., & Suwarni, N. (2019). Analisis Kesesuaian Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 7(5).

Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika topik kubus dan balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 269-277.

Heryawati. R. (2022). Deskripsi Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Guru Biologi SMA Swasta di Kecamatan Kendari Barat. Skripsi. Kendari.Universitas Halu Oleo.

Masitah, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD Terhadap Masalah Banjir. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 040-044).

Mediana, P. A., Nursiah, N., & Shansabilah, L. (2020). Analisis Bahan Instruksional di SDN Pondok Jagung 2. FONDATIA, 4(1), 110-140.

Hidayat, T., & Kosasih, A. (2019). Analisis peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah serta implikasinya dalam pembelajaran pai di sekolah. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 45-69.

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi masalah yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum 2013 revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114-123.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Tanjung, I. F. (2016). Guru dan strategi inkuiri dalam pembelajaran biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Munir, A., Sabilu, M., & Tiba, N. (2023). ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI DI SMA AL-QUR’AN WAHDAH ISLAMIYAH KENDARI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(3), 210–215. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.44