UJI VALIDITAS MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI SMA

Authors

  • Muhammad Sirih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Suriana Gende Ede Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Sitinur Istikomah Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.45

Keywords:

Validitas, Modul Berbasis Website, Sistem Saraf Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari modul berbasis website pada materi sistem saraf manusia yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada pengembangan perangkat model 4-D (four D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, and disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P, yaitu pendefinisian,perancangan, pengembanga dan penyebaran. namun dalam penelitian ini hanya dibatas sampai tahap pengembangan. Data penelitian diperoleh dari analisis angket uji validitas oleh validator yang terdiri dari 3 vallidator ahli media dan 3 vallidator ahli materi. Hasil uji validitas modul berbasis website yang dinilai oleh validator memperoleh persentase rerata 84,13% untuk ahli media pada kategori sangat valid sedangkan untuk ahli materi mencapai persentase rerata 90,51% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa modul berbasis website pada materi sistem saraf manusia yang telah dikembangkan dinyatakan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andira, N., Noorhidayati, N., & Riefani, M. K. (2021). Kelayakan Buku Panduan Lapangan “Keanekaragaman Pohon di Lingkungan Kampus Universitas Lambung Mangkurat” sebagai Sumber Belajar Mandiri Konsep Keanekaragaman Hayati. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 13(1), 19-30.

Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hala, Y. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada konsep ekosistem bagi siswa sekolah menengah pertama. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 177087.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.

Lidyawati, Y. (2015). Pengembangan Modul Sastra Indonesia Berbasis Website pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas XI SMAN Sumatera Selatan. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 2(2), 97-116.

Sawitri, D. W. (2014). Pengembangan modul keanekaragaman hayati berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 3(3).

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. P., Revisi, P. K. E., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Wahono, R. S. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Online)(http://romisatriawahono. net/, diakses pada tanggal 20 Mei 2016).

Wardianti, Y., & Jayati, R. D. (2018). Validitas modul biologi berbasis kearifan lokal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 136-142.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Sirih, M., Ede, S. G. ., & Istikomah, S. (2023). UJI VALIDITAS MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI SMA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(3), 216–220. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i3.45