LESSON STUDY IN ACTION: MENDESAIN PEMBELAJARAN BLENDED SINKRON DAN ASINKRON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Nurrijal Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Lilan Dama Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Kudus Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.46

Keywords:

Lesson Study, Pembelajaran Blended, Sinkron, Asinkron, Hasil Belajar, Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi melalui pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan desain pembelajaran blended yang mengintegrasikan proses sinkron dan asinkron. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan , dengan fokus pada guru Biologi dan siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Suwawa, Bone Bolango Gorontalo. Urgensi dari penelitian ini terletak pada terciptanya saling belajar antara guru dan dosen, yang dapat secara kolaboratif dan bersinergis meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini mencakup peningkatan kualitas dan keterampilan guru Biologi dalam merancang, melaksanakan, dan menyebarkan pembelajaran Biologi yang disajikan secara blended. Dampak dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, terutama dalam pemahaman konsep Biologi. Siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi dan antusiasme terhadap pembelajaran melalui pendekatan blended learning. Selain itu, Lesson Study memainkan peran krusial dalam memperkuat kolaborasi antar guru, menghasilkan desain pembelajaran yang lebih kontekstual dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang penerapan Lesson Study dalam mendesain pembelajaran blended, khususnya dalam konteks mata pelajaran Biologi. Hasilnya dapat diterima oleh guru dan sekolah sebagai model untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam format kombinasi sinkron dan asinkron.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. In Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Chaeruman, U. A. (2013). Merancang Model Blended Learning. In Jurnal Teknodi: Pustekom Kemdikbud (Vol. 17, Issue 4, pp. 399–409).

Chaeruman, U. A. (2018). PEDATI: Model desain sistem pembelajaran blended. In Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti.

Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar : Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

David Merrill, M. (2002). First principles of instruction. In Educational Technology Research and Development (Vol. 50, Issue 3, pp. 43–59). Association for Educational Communication and Assn for Educational Communication and Technology. https://doi.org/10.1007/BF02505024/METRICS

Dick, W., Carey, L. and Carey, J. (2009). The systematic design of instruction. 7th Edition. In Pearson Higher Education Inc., Upper Saddle River, NJ, USA. - References - Scientific Research Publishing. https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=1062537

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hendayana, S. (2007). Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

Joyce, B. R., & Showers, B. (2002). Student achievement through staff development (3rd ed.). In Alexandria, VA: Association for Supervision & Curriculum Deve (ASCD).

Lewis, C. (2002). Lesson Study: A Handbook for Teacher-Led Improvement of Instruction. Research for Better Schools. Philadelphia.

Moore, M. and Kearsley, G. (2012). Distance Education A Systems View of Online Learning. 3rd Edition. In Wadsworth, Belmont. - References - Scientific Research Publishing.

Naidu, S. (2006). E-Learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. E-Learning, 100.

Nurrijal. (2013). Efektivitas Lesson Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Biologi. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Nurrijal, Setyosari, P., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2023). Creative Problem Solving Process Instructional Design in the Context of Blended Learning in Higher Education. Electronic Journal of E-Learning, 21(2), 80–97. https://doi.org/10.34190/EJEL.21.2.2653

Saito, E., & Ibrohim, H. (2005). Penerapan Studi Pembelajaran (Lesson Study) di Indonesia: Studi Kasus dari Imstep. Jurnal Pendidikan “Mimbar Pendidikan,” 3, 24–32.

Susilo, H. (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publishing.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Nurrijal, Lilan Dama, & Kudus. (2024). LESSON STUDY IN ACTION: MENDESAIN PEMBELAJARAN BLENDED SINKRON DAN ASINKRON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(4), 241–256. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.46