PENGETAHUAN DAN SIKAP WISATAWAN HUBUNGANNYA TERHADAP KEBERSIHAN PANTAI BATU GONG KABUPATEN KONAWE

Authors

  • Muhammad Sirih Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Suarna Samai Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Aspar Lindo Uri Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.48

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Kebersihan Pantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap wisatawan dengan kebersihan Pantai Batu Gong Kabupaten Konawe. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Populasi penelitian yaitu seluruh wisatawan yang berkunjung ke pantai Batu Gong. Teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling dengan cara menentukan kriteria dan kuota tertentu yaitu 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes dengan sakala likert dan skala gutman. Teknik analisis data menggunakan uji koefisien korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan wisatawan tentang kebersihan Pantai Batu Gong memiliki hubungan yang signifikan yaitu Pvalue lebih kecil dari alfa (0,000 < 0,05: H1 diterima) dengan koefisien korelasi 0,367. Sikap wisatawan tentang kebersihan Pantai Batu Gong memiliki hubungan yang signifikan yaitu Pvalue lebih kecil dari alfa (0,036 < 0,05: H1 diterima) dengan nilai koefisien korelasi 0,210. Pengetahuan dengan sikap wisatawan Pantai Batu Gong memiliki hubungan yang signifikan yaitu Pvalue lebih kecil dari alfa (0,000 < 0,05: H1 diterima) dengan koefisien korelasi 0,433. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dan sikap wisatawan dengan kondisi kebersihan Pantai Batu Gong Kabupaten Konawe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arofah, A. A., & Maharani, D. A. (2021). Determinasi Implementasi Akuntansi Lingkungan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Pengungkapan Informasi Lingkungan. Jurnal E-Bis, 5(2), 365-379.

Budiman, R. A. (2013). Kapita selekta kuesioner: pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika, 2013, P4-8.

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan (studi di kawasan objek wisata alam gunung galunggung desa linggajati kecamatan sukaratu kabupaten tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1).

Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.

Hakim, L. N. (2020). Urgensi revisi undang-undang tentang kesejahteraan lanjut usia. Sumber, 17(6).

Huki, Y., Bano, V. O., Wali, S. P., Uma, E. R. A., Huda, M. R. N., & Rihi, S. P. P. (2022). Pelestarian ekosistem pantai dari sampah plastik melalui edukasi masyarakat dan pembersihan lingkungan di Sumba Timur. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 92-96.

Laiyanah. 2017. Korelasi Pengetahuan Pencemaran Dengan Sikap Kepedulian Santri Kelas XI Terhadap Lingkungan di Pesantren Modern Al-Falah Aceh Besar. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

Patras, M. D., & Mahihodi, A. J. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Di Tepi Pantai Kelurahan Kolongan Akembawi Kecamatan Tahuna Barat. Jurnal Ilmiah Sesebanua, 2(2), 57-62.

Santi, E. K. (2021). Kesadaran Lingkungan Peserta Didik di Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata di SMA Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Tarigan, R. (2005). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Perilaku Pengelolaan Kebersihan Pantai Percut Di Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, UNIMED).

Wulansari, A. H. N., Tjahjono, H., & Sanjoto, T. B. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan di Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Edu Geography, 8(2), 145-153.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Sirih, M., Samai, S., & Lindo Uri, A. (2024). PENGETAHUAN DAN SIKAP WISATAWAN HUBUNGANNYA TERHADAP KEBERSIHAN PANTAI BATU GONG KABUPATEN KONAWE. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(4), 257–265. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.48