PENGARUH LKPD BERBASIS PRAKTIKUM MATERI SISTEM PENCERNAAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Authors

  • Safilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Jahidin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Salmania Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.53

Keywords:

LKPD Berbasis Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Sistem Pencernaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis praktikum IPA biologi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP Negeri 1 Batauga. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Batauga tahun ajaran 2022/2023 kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah  siswa sebanyak 58 orang yang masing-masing kelas berjumlah 29 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Indikator keterampilan proses sains yang diukur yaitu: mengamati, mengajukkan pertanyaan, merumuskan hipotesis dan menggunakan alat dan bahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan LKPD berbasis praktikum lebih tinggi yaitu 84,24 dengan standar deviasi 5,99 dibandingkan dengan menggunakan LKPD yang tidak berbasis praktikum dengan rata-rata yaitu 75,76 dan standar deviasi 7,39. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan LKPD berbasis praktikum IPA biologi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII di SMP Negeri 1 Batauga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanto, D., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2021). Analisis dan Rekontruksi Lembar Kerja Peserta Didik Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan di SMA:(Analysis and Reconstruction of Student Worksheets On Concept Digestive System Food In Senior High School). BIODIK, 7(2), 11-22.

Chania, R. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum Pada Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 4(2), 664-675.

Hariningwang, C. N., & Fitrihidajati, H. (2020). Profil Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Praktikum Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 49-59.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54.

Marsa, M. (2016). Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan ilmiah terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA biologi kelas VII peserta didik SMP Negeri 2 Watampone. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Salosso, S. W., Nurlaili, N., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Dan Basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45-50.

Sanchia, A. I., & Faizah, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Materi Arthropoda Kelas X SMA. Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya, 1(1), 9-17.

Sari, D. N. (2022). Lembar Kerja Praktikum Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 26-33.

Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia Sma. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 8-17.

Wulandari, V. C. P. (2014). Peneraqpan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 Di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Safilu, Jahidin, & Salmania. (2024). PENGARUH LKPD BERBASIS PRAKTIKUM MATERI SISTEM PENCERNAAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP . AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(4), 308–313. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.53