MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE E5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Authors

  • Kasman Arifin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Murni Sabilu Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Wa Ode Inda Sari Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.54

Keywords:

Learning Cycle E5, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle E5 di kelas XI SMAN 1 Napabalano. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki tahapan antara lain: perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi dan Evaluasi (Observation & Evaluation), dan refleksi (Reflection). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan terdiri dua kali pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan hasil belajar kognitif siswa aktivitas guru dan aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI SMAN 1 Napabalano Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan lembar tes, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil analisis tes diperoleh siklus I sebesar 75% dengan kriteria belum tuntas, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 96.42% dengan kriteria tuntas, dari KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 79%. Selain itu, aktivitas mengajar guru meningkat lebih baik setelah diberikan refleksi setiap pertemuan pada setiap akhir siklus, diikuti oleh aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran meningkat. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle E5 dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMAN 1 Napabalano.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98-103.

Irdani, N. T., & Sutikno, T. A. (2014). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kkpi pada siswa SMKN 2 Malang. Tekno, 20(2).

Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34-43.

Kunandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: Rajawali.

Kusuma, A. D., Dwiastuti, S., & Muzzazinah, M. (2018). Pengaruh Problem Posing dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 296-301).

Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno, S. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269-274.

Purwanto, N, 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Retnaningsih, W. S., Maasawet, E. T., & Boleng, D. T. (2017). Analisis permasalahan guru dan siswa terkait perangkat pembelajaran IPA biologi berbasis inquiry dan keterampilan penulisan laporan ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 531-534.

Saputro, E. H., Rahayu, Y. S., & Hidayat, M. T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis 5E Learning Cycle untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1001-1008.

Tode, Z, A.R., Firansina Th. N., Jusuf B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle E5 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Negeri 6 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 4(2), 58.

Yunus, N., Florentina R. E. W., Didin S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle E5 Dengan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1).

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Arifin, K., Sabilu, M., & Sari, W. O. I. (2024). MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE E5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 8(4), 314–321. https://doi.org/10.36709/ampibi.v8i4.54