PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SINAR HUSNI

Authors

  • Lissa Herayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Kartika Manalu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Miza Nina Adlini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.55

Keywords:

Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Materi Ekosistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMA Sinar Husni, Kec. Labuhan Deli, Kab. Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi eksperimen). Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dengan 20 soal pilihan ganda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang pada tiap kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total atau sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 82,78 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang hanya memperolehnilai rata-rata sebesar 57,78. Dari hasil pengujian hipotesis (Ha) diterima. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel­(10,3 > 1,67) dan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (a) = 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penerapan strategi contextual teaching and learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Sinar Husni, Kec. Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, J. N., Mustamiroh., & Kusdar. (2023). The Influence of Contextual Teaching and Learning Model on Science Learning Outcomes in Elementary School. Jurnal Edumaspul, 7 (1) : 1269-1277.

Afiyah, Resmiyati N. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gerak dan Energi. Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan : UIN Syarif Hidayatullah [Skripsi].

Arnita. (2013). Pengantar Statistik. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 101.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 211.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 228.

Aprilia, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Pada Materi Ekosistem Di Kelas VII Semester II MTsN 1 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Jurnal Edu Sains, 3(2). 143.

Ayustria N.I&Surya, L.B. (2014). Pendekatan Contextual Teaching And Learning untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengaruh pendekatan CTL. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 5 (1) :83- 89.

Aisyah, Jaenudin, J & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1). 3.

Annafi, A., & Mulyani. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTs Muhamadiyah Kalosi. Jurnal Ilmu Pendidikan. 100-105.

Bukit, S. (2022). Implementation of The Contextual Approach in Improving Science Learning Outcomes in Elementary Schools. Asian Journal of Natural Sciences, 1 (1) : 17-30.

Boty, M&Ari H. 2018.Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI. 4(1). 43.

Chomaidi, H & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo. 237.

Darmiah, D. (2017). Konsep Belajar Menurut Islam. Pionir : Jurnal Pendidikan, 5 (1) : 1-14.

Daryanto. (2018). Evaluasi Pendidikan. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.

Femisha, A & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran CTL dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 97-112.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).

Hartatik, S. (2018). Optimization Enterpreneurship Learning Through Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach Among High School Bussiness Student. International Journal For Social Studies, 4 (12) : 77-84.

Hasanah, U., Suratno., & M. Iqbal. (2019). The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL Based on Lesson Study on The Biology Learning Achievement of High School Student. Jurnal Pancaran Pendidikan, 8 (1) : 1-10.

Imaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Irwandi. (2013). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap hasil belajar biologi Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19 (1) : 100-105.

Jufri W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Juniwati., Yusrizal., & I Khaldun. (2020). Influence of The Contextual Teaching and Learning Model Against Student Learning Outcome. Journal of Physics : Conference Series 1460. Doi : 10.1088/1742-6596/1460/1/012128.

Kasmawati, K., Latuconsina, N., & Abrar, A.I.P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 5 (2) : 70-75.

Khomaidah, S & Harjono, N. (2019). Meta Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Research and Review. 2(2), 144.

Novisya, D & Desnita. (2020). Penelitian Instrumen Efektifitas Video Pembelajaran Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Fluida. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 7(2). 129-139.

Nursanti, Adriadi, A., & Sai’in. (2021). Komponen Fator Abiotik Lingkunga Tempat Tumbuh Puspa (Schima wallichii DC. Korth) di Kawasan Hutan Adat Bulian Kabupaten Musirawas. Jurnal Silva Tropika, 5(2), 438–445.

Oktaviansa, Willi Afdin., & Yunus. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contetual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjo. JPTM, 2 (1) : 34-43.

Pratiwi, S, M., Srikuni, Suharno&Bambang. (2012). Biologi untuk SMA Kelas X, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 114.

Riandari, H. (2012). Biologi. Penerbit PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Solo.

Rangkuti, A, M. (M. (2017). Ekosistem Pesisir Dan Laut Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. (2010).Metode Statistika. Bandung Penerbit TarsitoBandung.

Susilawati, E., Margareta, R & Siful, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekologi SMA Dengan Strategi Outdoor Learning. Jurnal Unnes Science Education, 5(1).

Susiloswati, Retno& Sri .(2013). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan hasil belajar siswa. jurnal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, Vol.4(2013).

Simanjuntak, D. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Jenis Kelamin terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi & Komunikasi. Jurnal Teknologi Pendidikan. 13(1), 46-56.

Sitorus, Surtyna A., Nancy Angelia P., & Natalina Purba. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar pada Subtema Organ Gerak Hewan Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Jurnal Kewarganegaraan, 6 (3) : 5947-5952.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Shanti, W, N., Sholihah, D., & Abdullah, A, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis Melalui CTL. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5 (1), 98-110.

Sista, T. R., & Budiman, A. (2020). Effectiveness of Learning Models Contextual Teaching And Learning In Increasing Religious Cognitive Competence in Institutions Pesantren Modern Muadalah. At-Ta’dib, 15(1), 62–78.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Tanjung, I, F. (2019). Strategi Pembelajaran Biologi. Medan: CV. Widya Puspita.

Tanjung, I, F & Halimatussa’diyah, E. (2018). Biologi Umum. Medan: CV. Widya Puspita. 96.

Tanjung, I, F. (2018). Perbedaaan Hasil Belajar Strategi Pembelajaran Kontekstual Strategi Pembelajaran Discovery MIS Istiqomah Al-ulya Tahun Ajaran 2017-2018. Jurnal Raudah. 6(1), 95-107.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. PenerbitKencana. Jakarta.

Yuasa, P.(2014). Pendekatan Kontekstual pada sekolah lanjut Pembuktian Hasil Belajar Siswa. Jakarta http:/dst311.multiply.com/journal/2008(diakses 4 april2015).

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Herayanti, L., Manalu, K., & Adlini, M. N. (2024). PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SINAR HUSNI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.55