PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Authors

  • Suci Novany Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Kartika Manalu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rohani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.56

Keywords:

LKPD, Inkuiri Terbimbing, HOTS, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD biologi berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi pokok bahasan sistem ekskresi manusia peserta didik SMA; (2) menghasilkan LKPD yang praktis dalam pembelajaran; dan (3) mengetahui besarnya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik melalui LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di YP. SMA Sinar Husni terhadap peserta didik kelas XI IPA. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan draft LKPD dan instrumen soal pretest dan posttest, serta angket respon guru dan peserta didik. Tahap develop yakni tahap validasi LKPD oleh validator ahli dan praktisi. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk di uji cobakan terbatas dan uji coba luas. Hasil akhir uji luas berupa nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dan diperoleh nilai N-Gain sebagai hasil peningkatan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase ahli materi sebesar 86,64% dan ahli media 79,69%; (2) LKPD yang dihasilkan dinyatakan praktis berdasarkan respon guru dan peserta didik dengan persentase 87,96%; dan (3) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah proses pembelajaran dengan LKPD yang dikembangkan dengan perolehan N-Gain score sebesar 0,72 dengan persentase 72,26% yang termasuk kriteria tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin. (2013). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Bintang Sejahtera Press.

Amijaya, L., S., Ramdani, A., & Merta, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 14(1): 94-99.

Annafi, N., Ashadi, & Mulyani S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(3):21-28.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Asnani, Lubis & Nazriani Lubis. (2021). Desain Integrasi Pembelajaran Dengan Penilaian Abad 21 Sesuai dengan Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 1(2):186.

Azizimalayeri, Kiumars. (2012). The Impact of Guided Inquiry Methods of Teaching On The Critical Thingking of Hight School Students. Journal of Education and Practice, 10(3).

Colburn, A. (2020). An Inquiry Primer. Science Scope:42-44.

Damaianti, O., Mawardi, M., & Oktavia, B. (2019). Development of Guided Inquiry-based Worksheets on Colloidal Material for Chemistry Learning Grade XI in Senior High. International Jurnal of Progressive Sciences and Technologies (IJIPSAT), 14(1), 13–19.

Departemen Ilmu Komputer. (2006). Modul Kuliah Penggunaan Warna: Pe-nerapan Teknologi Multimedia dalam Proses Belajar Mengajar. Bogor: FMIPA IPB.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Syamil Cipta Media.

Ermawati, Dwi. (2019). Analisis Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Intranet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2):67-70.

Gunawan, A. W. (2012). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamidah, S., Asri, T,M., & Indana, S. (2016). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Keanekaragaman Fungi Berbasis HOTS (High Order Thingking Skills) dengan Memanfaatkan Berbagai Media Fungi untuk Siswa SMA Kelas X Secara Empirirs. Bioedu (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), 5(3): 370-383.

Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Edisi Revisi. Malang: Listerasi Nusantara.

Hannafiah, N, & Suhana, C. (2009) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Revita Aditama.

Hannafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2):129-150.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS High Order Thingking Skills. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khotimah Rita P., & Meliana C., S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja peserta Didik Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) Menggunakan Kontes Lingkungan. Jurnal Program Studi matematika. 9(3): 761-775.

Kusumasari, A., Herdini & Susilawati. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Materi Kesetimbanagan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 6(1):20-29.

Maherni, Ni. Putu, & I, Nyoman Suardana. (2014). Pengaruh Inkuiri Berbasis Budaya Local Pada Pembelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8(2).

Mueni, Nzomo., C. (2021). Inquiry-Based Learning and Students Self- effecacy in Chemistry Among Secondary School in Kenya. Heliyon, 9.

Nurfidianty Annafi. (2016). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing di MAN 1 Kota Bima. Jurnal of Educational Science and Technology, 2(2):98-104.

Nugroho, Arifin. (2015). High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: PT Gramedia Widiasarna.

Nur Leli & Mariaty Sipayung. (2019). Perancangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pelita Pendidikan. 7(1):001-008.

Noprinda, Tri, C., & Soleh. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbash High Order Thingking Skills. Indonesian Journal of Sciens and Mathematics Education, 2(2):168-176.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Memuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press: Yogyakarta.

Pratiwi, L., Sarwi dan Handayani, L. (2012). Evektifitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Untjuk Kerja Siswa SMP RSBI, Unnes. Science Education Journal. Vol 1, 86-95.

Purwanto, M. N. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 114.

Purwasi, L. & Nurfitriyana. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS). Jurnal Program Studi PendidikanMatematika, 9(4):893-908.

Rahmawati, L., H. (2020). Pengembangan Scientific Approch Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3):504-515.

Retnawati, Heri. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan High Order Thingking Skills. Yogyakarta: UNY Press.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Rokhmah, A & Madlazim. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Siswa dalam Melakukan Eksperimen Pada Materi Ajar Sumber Energi Terbarukan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4: 88-91.

Salsabila, R. I. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Pada Materi Fungi di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikurturalisme, 4(3):1-16.

Saputri, P.I., Nurhayani H.M., & Ramlawati. (2022). Penerapan LKPD Inkuiri Berorientasi HOTS untuk meningkatkan hasil belajar IPA Peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar. Jurnal Ipa Terpadu, 6 (3) : 108-115.

Senam, R. Arianingrum, Rr. L. Permatasari, dan Suharto. (2008). Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Didaktika, Volume 9, Nomor 3: 280-290.

Septiarini, A., & Durinta Puspasari. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS dan Inkuiri terbimbing pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola Humas dan Keprotokolan Kelas XII OTKP Semester Gasal di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (1) : 9-21.

Simatupang, S., dan Junita. (2009). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual ter-hadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas X Semester II SMAN 1 Binjai. Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol 4 (2): 72-76.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan, Prinsip, dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sundara, Cahyana Insana. (2009). Panduan Praktis Perwajahan Buku. Jakarta: PT Visindo Media Persada.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno. (2009). Panduan Pembelajaran Biologi Untuk SMA &MA Kelas XI. Jakarta: Karya Mandiri Nusantara.

Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warningsih, N. Gambar dalam Pengajaran Bahasa Asing. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._Pend._BAHASA_JERMAN/196107211988032_NINING_WARNINGSIH/Gambar_dalam_Pengajaran_Bahasa_Asing.pdf, diakses 20 Januari 2013.

Wijaya, Yuni, E. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya manusia Di Era Global. Jurnal Program Studi matematika, 1(3).

Wulandari, T.N., & Susanti. (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Semester 1 di SMK. Jurnal Pendidika Akuntansi, 7(3):347-252.

Zara Paradita & Wayan Suana. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(2):46-49.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Novany, S., Manalu, K., & Rohani. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 15–25. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.56