STUDI EKSPLORASI KONSEP ETNOSAINS MASYARAKAT BUTON SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA

Authors

  • Nabilla Aliysa Azzahwa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Dyah Pramesthi Isyana Ardyati Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Agus Slamet Universitas Muhammadiyah Buton
  • Dwi Nurhidayah Zubaidah Pendidikan Biologi Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.71

Keywords:

Etnosains, Buton, Sumber Belajar IPA

Abstract

Keberagaman suku, etnis, dan budaya berdampak pada beragamnya kearifan lokal yang ada di Indonesia. Derasnya arus globalisasi dapat menggeser nilai budaya yang terdapat dalam kearifan lokal asyarakat daerah. Implementasi etnosains dalam pembelajaran IPA sebagai sumber belajar, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta peserta didik pada budaya lokal daerah. Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah menginventarisasi konsep etnosains masyarakat Buton yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomologis etnosains. Analisis data mengacu pada Model Miles-Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat sepuluh kearifan lokal masyarakat Buton yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA, yaitu: kaombo, pembuatan tape, tenun pewarna alam, permainan tradisional (pate dan kasede-sede), antona tala, pembuatan konau, pembuatan kawole, pembuatan tikar ponda, pembuatan minyak kelapa, dan pembuatan kaopi. Implementasi etnosains kearifan lokal masyarakat Buton dalam pembelajaran sains dapat dilakukan dengan cara menjadikan praktik etnosains tersebut sebagai sumber belajar IPA. Dengan demikian diharapkan, peserta didik dapat memahami konsep sains dengan lebih baik, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sekaligus lebih mencintai budaya daerah Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, A. U., Lestari, T., & Asra, A. (2020). Analisis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar Kota Padang Dan Bukittinggi. 4.

Arsih, F., & Elvianasti, M. (2022). Analisis Etnosains Tradisi Rantau Larangan Kampung Tandikat Sebagai Sumber Belajar Biologi. 9(1).

Balqis, A., & Hidayati, S. N. (2018). Validitas Media Booklet Berbasis Etnosains Sub Materi Sifat Fisika Dan Kimia Serta Perubahannya Untuk Kelas VII SMP. 06.

Eko Fery Haryadi Saputro, Erlin Eveline, & Nurul Apsari. (2023). Modul IPA Berbasis Etnosains Pada Kurikulum Merdeka Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 797–804. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V13i3.1177

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains Sebagai Upaya Belajar Secara Kontekstual Dan Lingkungan Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4337–4345. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2843

Gres, M. R. (2023). Fermentasi Tapai Ketan Hitam (Oryza Sativa Linn Var Glutinosa): Fermentasi Tapai Ketan Hitam (Oryza Sativa Linn Var Glutinosa). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(03), 175–179. Https://Doi.Org/10.62668/Bharasumba.V2i03.707

Hasanudin, -, Hamzah, A., & Mansyur, A. (2021). Penerepan Aturan Kaombo Pada Pengelolaan Sumberdaya Perikanan (Studi Pengelolaan Perikanan Berbasis Kearifan Lokal) Di Kelurahan Wali Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 6(3), 139. Https://Doi.Org/10.33772/Jsep.V6i3.20278

Kelana, J. B., Wardani, D. S., & Wulandari, M. A. (2021). Etnosains Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 74. Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V5i1.16822

Lubis, M. F., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 206. Https://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V12i2.4957

Melawati, D., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. 10.

Mustari, T., Manaf, S., & Munafi, L. O. A. (2019). Pola Pemanfataan Sumberdaya Laut Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Wabula, Di Kabupaten Buton. Simulacra: Jurnal Sosiologi, 2(1), 53. Https://Doi.Org/10.21107/Sml.V2i1.5521

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. Https://Doi.Org/10.21070/Sej.V3i1.2426

Rosyidah, A. N., & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas Viii Smp Negeri 1 Pegandon Kendal.

Sahril, S., Nalefo, L., & Wianti, N. I. (2022). Peran Kelembagaan Mancuana Popa’ano Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Kaombo Di Kelurahan Gonda Baru Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau. Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 2(4), 190. Https://Doi.Org/10.56189/Jippm.V2i4.28442

Sari, N. P., Suhirman, S., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 63–74. Https://Doi.Org/10.32938/Jbe.V5i2.554

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). Https://Doi.Org/10.24176/Jino.V1i1.2316

Siagian, I. R., & Tamba, R. (2023). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Etnosains Pada Materi Sumber Energi Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. 07.

Siahaan, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. 2.

Slamet, A. (T.T.). Corak Motif Flora Sarung Tenun Buton Sebagai Pembelajaran Berbasis Lingkungan.

Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development Of Ethnoscience Approach In The Module Theme Substance Additives To Improve The Cognitive Learning Outcome And Student’s Entrepreneurship. Journal Of Physics: Conference Series, 824, 012024. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/824/1/012024

Sumarni, W., Sudarmin, S., Sumarti, S. S., & Kadarwati, S. (2022). Indigenous Knowledge Of Indonesian Traditional Medicines In Science Teaching And Learning Using A Science–Technology–Engineering–Mathematics (STEM) Approach. Cultural Studies Of Science Education, 17(2), 467–510. Https://Doi.Org/10.1007/S11422-021-10067-3

Usman, N., Rahmatan, H., & Haji, A. G. (2019). Ethno-Science Based Module Development On Material Substance And Its Characteristics To Improve Learning Achievement Of Junior High School Students. 7(3).

Wafiqni, N., Nurani. Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Azzahwa, N. A., Ardyati, D. P. I., Slamet, A., & Zubaidah, D. N. (2024). STUDI EKSPLORASI KONSEP ETNOSAINS MASYARAKAT BUTON SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 35–40. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.71