ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL) GURU BIOLOGI PADA SMA DI KOTA KENDARI

Authors

  • Kasman Arifin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Asmawati Munir Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Lini Endriwin Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.92

Keywords:

RPP, Problem Based Learning, Biologi, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis RPP Problem Based Learning (PBL) yang dimiliki oleh guru Biologi pada SMA di Kota Kendari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada empat SMA, yakni SMAS PGRI Kendari yang mewakili SMA Swasta dan SMAN 4; 7 dan 8 Kendari mewakili SMA Negeri. Objek penelitian ini berupa RPP berbasis PBL pada mata pelajaran Biologi SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menjelajahi dan mengumpulkan semua RPP berbasis PBL yang dimiliki oleh guru Biologi pada empat SMA tersebut.  Hasil analisis  menunjukkan dari 11 RPP berbasis  PBL diperoleh pada umumnya tidak sesuai dengan karakteristik PBL yakni orientasi masalah yang akan diajarkan dan urutan pembelajaran (sintaks). Ada delapan (72,73%) RPP yang orientasi masalahnya bukan masalah autentik keseharian siswa, dan hanya tiga  RPP yang didapatkan cukup sesuai dengan masalah keseharian siswa. Begitu juga sintaks PBL hanya tiga (27,27%) yang sesuai, dan yang tidak sesuai berjumlah delapan (72,73%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Model Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika

Aditama.Agung, A.A. Gede. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.

Arsanti, M., Zulaeha, I., & Subiyantoro, S. (2021, December). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 319-324).

Budiyasa, I. W. (2020). Analisis kemampuan mahasiswa progam studi pendidikan biologi fpmipa ikip pgri bali dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) biologi sma/ma kurikulum 2013 sesuai permendikbud nomor 22 tahun 2016. Widyadari, 21(1).

Fip-Upi, T. P. I. P. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Indah, N. (2009). Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah. Jurusan Biologi, Fakultas MIPA IKIP PGRI Jember.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Purwanto, P. B., Zaman, M. N., Yusuf, M., Romli, M., Syafi’i, I., Hardhaka, T., ... & Laily, Z. (2017). Inventarisasi Jamur Makroskopis di Cagar Alam Nusakambangan Timur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 79-82).

Riyaningsih, F. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Gambar Disertai Teknik Concept Mapping Dalam Pembelajaran Ipa (Fisika) Di MTs (Studi pada Kelas VII MTs Negeri Jember 1).

Sani, R, A, (2019). Strategi Belajar Mengajar, Depok, PT Rajagrafindo Persada.

Suciani, T, Elly, L, Yulia, R (2018). Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa.

Tenggarudin, T. (2016). Strategi Pelatihan Guru dan Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Lesson Study untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 381-387).

UTAMI, T. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Sma Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Wahyudi, A. (2015). Pengaruh problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, 4(1), 5-11.

Widayati, T. U., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2015). Perbedaan kemampuan memecahkan masalah dan retensi menggunakan model pbl (problem based learning) dan ceramah bervariasi pada materi keanekaragaman hayati Indonesia siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(1), 53-58.

Downloads

Published

2024-05-12

How to Cite

Arifin, K., Munir, A., & Endriwin, L. (2024). ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL) GURU BIOLOGI PADA SMA DI KOTA KENDARI. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 9(1), 67–71. https://doi.org/10.36709/ampibi.v9i1.92